Menjadi Bintang



Menjadi Bintang
Oleh: Hamidin Krazan
Judul buku: Menjadi Bintang: Kiat Sukses Jadi Artis Panggung, Film dan Televisi
Penulis: Eddie Karsito
Dimensi Ukuran: 21 Cm x 29.5 Cm (A4), 208 hlm.
Penerbit : PT Cahaya Insan Suci

‘Menjadi Bintang’ karya seorang wartawan yang juga aktor Eddie Karsito ini mengulas kiat sukses menjadi artis dan pengusaha industri hiburan teater, film dan televisi. “Buku ini berisi berbagai hal yang saya tahu tentang akting, baik di dunia panggung (teater), film layar lebar maupun sinetron atau film televisi," kata Addie Karsito, aktor peraih penghargaan Pemeran Pembantu Terpuji Festival Film Bandung 2008 ini, saat dihubungi NP melalui telepon genggamnya.
Berbicara tentang akting, buku ini mengungkap bahwa seni peran bukan sebuah kerja kepura-puraan melainkan sebuah kerja penjiwaan mendalam pada lakon. "Tidak mudah untuk dapat menjiwai sebuah peran. Itu sebabnya banyak bintang besar yang 'mencoba hidup sebagai narapidana', hanya untuk mengetahui cara berpikir dan gaya hidup orang tahanan, sebelum berakting sebagai penjahat di depan kamera," ujar Eddie beribrah.
Diterbitkan PT Cahaya Indah Suci, dijadwalkan akan diluncurkan di Gedung Film, Jalam MT Haryono, Jakarta, awal Desember 2008. Buku ini bisa dibaca oleh siapa saja yang berminat menekenuni dunia akting dan bisnis hiburan. Dengan segmen pembaca umum, namun penting bagi pelajar dan mahasiswa yang berminat hidup di dunia hiburan. Terdiri dari tujuh bab. Eddie memulai tulisannya dengan membahas panggung, film dan televisi sebagai sebuah peristiwa keaktoran. Ditambah ulasan soal perenungan, tentang bakat, lingkungan, cara berpikir, dan ketekukan seseorang aktor/aktris.
Dalam bab awal, Eddie memaparkan pandangannya tentang cikal bakal televisi, film dan seni drama, termasuk etika lokasi syuting, lengkap dengan pendapat sejumlah produser, sutradara, bintang film, dan hasil wawancaranya dengan mereka. Para sineas itu termasuk Garin Nugroho, Puput Novel, Helmy Yahya, Ayu Azhari, Rieke Diah Pitaloka, Tamara Bleszynski, Wulan Guritno, Remy Sylado, Krisdayanti, Marshanda, Dorman Borisman, Diana Pungky, Rhoma Irama, Deddy Mizwar, Iwan Fals, Agnes Monica, Deddy Corbuzier, Ringgo Agus Rachman, dan Ruben Onsu.
Sedangkan pada bab lain dibahas tentang manfaat belajar seni peran, latihan dasar, dan manajemen produksi. Jauh sebelum menjadi wartawan, Eddie adalah "orang kecil" yang banyak ditempa kegetiran hidup. Ia pernah jadi juru parkir, pedagang rokok, pelayan restoran, supir angkutan umum, supir pribadi, hingga pembantu rumah tangga. Menurutnya, semua itu tanpa sadar telah membentuk dirinya sebagai aktor. Sejumlah wawancara yang terekam alam Menjadi Bintang, pernah dimuat di media cetak tempat ia bekerja. Tentu telah ditambah hal-hal detail yang mengungkap fakta tersurat tanpa meninggalkan yang tersirat, sehingga buku ini tidak kehilangan bobot eksklusivitasnya *

Komentar

  1. wah pasti mantap nih isi bukunya

    BalasHapus
  2. alangkah lebih apik jika diperjelas kat katanya dan di atur kata katanya

    BalasHapus

Posting Komentar

Semoga komentar Anda menjadi kebaikan kita bersama

Postingan populer dari blog ini

Seniman Tegal Dapat Penghargaan

AKSI REBOISASI MAHASISWA TURUT HIJAUKAN SESAOT

Kampung Emping Bumiayu