Rambut oh Rambut

Perawatan Rambut Rusak

BAGI wanita yang memiliki rambut rusak seperti rambut patah, rambut kurus yang ujungnya kriting dan rambut bercabang, sebaiknya sebelum melakukan proses kecantikan rambut sebaiknya dilakukan perawatan terlebih dahulu. Hal itu dikatakan pengelola In Beauty Bridal & Salon, Tegal Hera, Rabu (23/7/08) di tempat usahanya.

“Rambut yang rusak, sebelum direbonding, pencatokan serta dikeriting sebaiknya dilakukan perawatan terlebih dulu, seperti dengan cara dimasker,” kata Hera.

Menurutnya, kalau tingkat kerusakannya cukup parah, masker rambut sebaiknya dilakukan seminggu sekali dalam waktu sedikitnya tiga bulan hingga rambut kembali normal. Perawatan dengan cara masker, yaitu rambut diolesi dengan vitamin atau obat masker setiap sehabis keramas serta dilakukan pijat badan. Sedangkan masker untuk rambut normal bisa dilakukan sebulan sekali.

Menurut Hera, rambut rusak seperti rontok sebaiknya hindari pencatokan, jangan dicreambath, dikeriting, dicat atau direbonding. Tetapi jika terpaksa, sebaiknya sebelum pencatokan dipakaikan vitamin terlebih dahulu, agar rambut menjadi lembab sehingga dengan vitamihn itu berfungsi sebagai pelindung.

Di salon yang beralamat di Jalan Kapeten Ismail nomor 114 ini, dalam perawatan dan pembentukan kecantikan rambut tidak lagi menggunakan steam. “Di tempat kami telah menggunakan alat ozon, asapnya dingin sehingga kilau rambut lebih muncul. Cocok untuk perawatan rambut. Sebaliknya, rambut rontok dan kering akan bertambah kering jika disteamer,” terang Hera.

Dijelaskannya, bagi pemilik rambut yang tingkat kerusakannya parah harus ada perawatan secara ekstra. Kerusakan rambut banyak sebabnya, seperti akibat faktor air garam, akibat proses kimia seperti karena diblincing dan catok (Ham)

Perawatan Rambut Pasca Dirias

SELAIN teori juga diberikan praktik tentang perawatan rambut bagi para peserta kursus tata kecantikan rambut di Lembaga Pendidikan Ketrampilan (LPK) Indah Kota Tegal. Materi yang diberikan seperti cara melakukan keramas yang benar, cara potong rambut dengan beberapa model serta pengetahuan perawatan rambut.

Menurut pengelola LPK Indah, Bu Agus Suwarno, creambath salah satu cara untuk melakukan perawatan rambut. Jika dilakukan secara rutin akan menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut menjadi tumbuh secara normal.

“Peserta kursus juga diajarkan tentang jenis rambut dan penyakit rambut serta cara mengatasinya,” kata Bu Agus, Rabu (23/7/08) di tempat pelatihannya.

Bagi para peserta yang mengikuti kurus tata rias pengantin, selain mereka diajarkan tata rias wajah pengantin, membuat kembar mayang, juga diajarkan tata rias rambut pengantin. “Biasanya dalam proses rias rambut pengantin, rambaut akan disasak untuk membentuk sunggar. Risikonya sebagian rambut akan mengalami kerusakan,” jelasanya.

Untuk mengatasinya, lanjut Bu Agus, rambut yang usai disasak itu untuk memulihkannya dengan cara disisir menggunakan sisir herbras. Cara penyisirannya dimulai dari ujung rambut sedikit demi sedikit hingga ke pangkal rambut. “Bisa juga menggunakan air atau bedak talk tetapi terkadang mengotori baju,” jelasnya (Ham).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seniman Tegal Dapat Penghargaan

AKSI REBOISASI MAHASISWA TURUT HIJAUKAN SESAOT

Kampung Emping Bumiayu