Wanita KArya Tuhan Terindah

Ritual Perawatan Tubuh Wanita

WANITA pasti senang tampil cantik. Padahal pengertian cantik itu relatif. Bahkan ada yang menilai semua wanita itu cantik. Persoalannya dimana sisi kecantikannya itu lebih dominan? Pada fisik sajakah? Pada sikap dan perilakunya? Atau perpaduan dari keduanya. Untuk mendapatkan kecantikan fisik salah upaya yang bisa ditempuh dengan cara perawatan rutin.
Perawatan tubuh khususnya bagi wanita, kini banyak produk perawatan kecantikan alami serta tempat melakukan perawatan tubuh yg kini terkenal dengan SPA. Perawatan yang ditawarkan juga macam-macam seperti: massage, body scrub, aromatheraphy, ratus, mandi rempah, mandi susu bahkan mandi garam.
Di salon Nining Anjasmoro yang beralamat Jalan Kapten Sudibyo Tegal, misalnya, konsumen wanita bisa menikmati ritual perawatan tubuh sedikitnya membutuhkan waktu dua jam sampai empat jam, yang diawali dengan body massage (pemijatan seluruh tubuh) kemudian mandi uap dan lulur. “Baik mandi uap maupun lulur konsumen bisa memilih tiga aroma teraphy yang memiliki fungsi bagi kesehatan dan kesegaran tubuh. Seperti aroma coffe, aroma coklat dan aroma susu,” kata Nining, Kamis (3/7/08) di salonnya. Dijelaskan Nining, waktu yang dibutuhkan untuk mandi uap biasanya sekitar 20 menit. Tetapi bagi costumer yang ingin lebih lama di ruang beruap basah dengan aroma theraphy, juga diperbolehkan karena itu bermanfaat bagi kesehatan kulit tubuh.
Sebagaimana dikatakan pengelola Hikmah Sauna, Neneng Mauidhotul K, fungsi sauna antara lain untuk mengeluarkan semua toxin atau racun yang ada di kulit tubuh baik akibat pengaruh nikotin atau akibat kelebihan lemak dalam tubuh.
“Kalau mandi uap di tempat kami, berupa uap basah yang berasal dari uap batu pilihan yang memiliki fungsi teraphy,” jelas Neneng.
Setelah terapi sauna, dilanjutkan dengan lulur tradisional dan mandi rempah. Lulur tradisional berguna untuk membersihkan dan menghaluskan kulit tubuh sedangkan mandi rempah fungsinya untuk menyegarkan tubuh sekaligus menghilangkan bau badan.
Meski tujuannya sama, namun di salon Nining Anjasmoro, baik scrub (lulur) atau masker menggunakan aroma coffe, aroma susu, aroma coklat serta aroma buah-buahan seperti strawberry.
“Lulur aroma coffe memiliki fungsi untuk mengeluarkan kuman yang menempel di tubuh. Fungsi aroma coklat untuk menghaluskan kulit, sedangkan aroma susu untuk menyegarkan tubuh,” papar Nining. Terkait dengan lamanya waktu dalam proses perawatan, lanjut Ninging, agar setiap kostumer benar-benar dapat menikmati pelayanan perawatan secara maksimal dalam suasana rileks seraya menikmati iringan musik berirama syahdu di antara baluran lulur yang sedap dan menyehatkan bagi kulit tubuh.

Kamus Urat Saraf
Massage
Yaitu pemijatan yg dilakukan dengan menggunakan minyak beraroma yg dapat melancarkan peredaran darah maupun memberikan aroma yg baik untuk kulit dan juga pikiran. Jenis massage juga bermacam-macam mulai dari model traditional, menggunakan alat elektrik serta metode totok.
Body Scrub (Luluran) dan Body Mask (Masker):
Baik dilakukan seminggu sekali untuk menghilangkan kotoran kulit serta menjaga kulita agar tetap cerah dan juga memberi nutrisi yg diperlukan kulit luar , ini anda bisa dapatkan tergantung jenis lulur yg anda gunakan

Aromatheraphy burner:
Sangat baik untuk theaphy stress, dari aroma essential yg du bakar dalam mangkok burner akan dapat mempengaruhi kerja otak sehingga bisa merelaksasikan otak anda yg stress dan tegang. Bisa juga dipakai sekaligus untuk pengharum ruangan. Campurkan saja beberapa tetes essential oils dalam burner dan bakar dengan lilin dari bawah, ulangi sesering yg anda inginkan, untuk pilihan aroma ada banyak pilihan sesuai selera, bagi yg dalam keadaan stress dianjurkan untuk memilih aroma lavender maupun lemon grass Treatment ini bukan hanya buta wanita tapi juga bisa untuk seluruh anggota keluarga.

Ratus/Garba Wangi:
Ini adalah perawatan khusus wanita untuk menghilangkan bau yg tidak sedap pada kewaniataan dan jg keputihan serta membuat ewanitaan anda keset….ada 2 cara penggunaaan ratus yaitu memakai sistim pengasapan maupun uap. Untuk penguapan sanagt praktis….anda bisa memasukkan ratus kedalam sbuah ember yang sudha diisi dengan air yg mendidih dan and abisa langsung duduk diatasnya selama 15 menit tanpa menggunakan pakain dalam sampai uap itu hilang.

Mandi Rempah:
Bagi yang punya bathtub anda bisa memilih perawatan ini, cukup dengan merendam rempah mandi ini ke dalam air bathtub anda sebelum and amandi dan and abisa keringkan sesudahnya untuk bisa dipakai lagi sampai aroma dari rempah ini hilang. Fungisnya yaitu dapat menghilangkan aroma bau badan, menghilangkan lelah serta mengurangi stress yg berkepanjangan.

Mandi Garam:
Hampir sama dengan permpah mandi tapi ini dapat melemaskan kulit serta menghaluskan kaki (tersedia dalam garam kaki) cukup anda berendam selama 15-20 menit sebelum anda mandi


Perawatan Kulit Tubuh Melalui Totok
Khurotul Jannah (Tegal)

Tampil cantik dan menarik merupakan hal yang diidam-idamkan perempuan. Banyak upaya yang dilakukan perempuan untuk menggapainya. Berbagai cara mulai dari yang alami hingga modern dilakukannya demi menyandang predikat cantik bagi dirinya.
Menurut pengelola Annisa Treatment & Boutique, Khurotul Jannah, keinginan perempuan tampil cantik itu sangat manusiawi. Persoalanya, jika segala upaya telah dilakukan namun tak juga membuahkan hasil seperti yang diharapkan, mungkin ada sesuatu yang salah dalam dirinya. “Stress bisa menjadi salah satu sebanya. Aneka permasalahan yang akhirnya menimbulkan stress, itu dapat menghambat kerja metabolisme tubuh dan peredaran darah, sehingga menghalangi keutuhan pacaran sinar kecantikan,” kata Khurotul.
Menurutnya, untuk mendeteksi apa yang menghalangi sinar kecantikan dalam diri seseorang bisa dilakukan melalui terapi totok. Cara yang satu ini selain praktis, tidak menimbulkan efek sakit juga mudah dilakukan meski bagi perempuan yang sibuk sekalipun.
Jenis terapi totok wajah yang dilakukan Annisa Treatment, menggabungkan teknik accupressure atau totok dan pergerakan tenaga pernafasan (prana). Totok wajah memiliki fungsi: memeprlancar peredaran darah, mengurangi keriut, mengencangkan kulit pada wajah, memberikan relaksasi pada otot akibat keetgangan, stress dan kelelahan dalam tubuh. Meringankan penyakit susah tidur, mengbuang energi negatif dari wajah serta menampakkan energi positif dari waah sehingga wajah tampak bercahaya dan mebuat awet muda.

Tiga Tahapan
Perawatan kulit wajah dengan produk-produk Decleor adalah melalui proses tiga tahap:1. Cleansing (pembersih) dan toning, 2. Perawatan kulit, dan 3. Perlindungan kulit.
Cleansing dan toning bisa disebut sebagai dasar perawatan kulit wajah yang penting. Jika kulit telah bersih akan memudahkan kulit untuk menerima perawatan berikutnya. Cara penggunaan cleanser dilakukan langsung memakai kedua telapak dan jari tangan dengan gerakan sirkular (memutar). Dilanjutkan dengan pemakaian toner yang diaplikasikan pada wajah dengan menggunakan kapas.
Lakukanlah kegiatan itu pada setiap pagi dan malam untuk membersihkan kotoran, debu dan sisa-sisa make-up. Kulit Anda juga butuh bernapas dan rileks. Proses ini adalah cara terbaik untuk memperoleh manfaat lengkap dari perawatan kulit yang spesifik. Formulasi dengan ekstrak tumbuhan dan essential oils dari Decleor ini diciptakan untuk semua jenis kulit, sampai kulit yang paling sensitif.

Kekuatan Alam
Perlindungan kulit begitu penting diperhatikan saat ini. Sebab, sungguh sulit saat ini menghindarkan diri dari tekanan paling kecil sekalipun. Demikian sulit, misalnya, menghindar dari polusi. Dalam cuaca hujan dan panas atau cuaca yang tidak menentu, yang membuat apa saja bisa terbuang ke kulit Anda, tanpa memandang bulu sama sekali. Decleor merespon agresi yang terjadi setiap hari itu dengan kekuatan alam. Krim perlindungannya terbilang lengkap, sebagai perawatan efektif yang menjadi alat kecantikan esensial untuk segala jenis kulit. Yang melindungi kulit dari keadaan yang dapat merusak keindahan dan kesehatan kulit.

Melakukan perawatan sejak dini, tentu juga akan memberikan keuntungan di kemudian hari. Selain perawatan ekstra yang dilakukan dalam beberapa kurun waktu, perawatan organ intim ini juga sebaiknya dimulai dalam bentuk perawatan harian. Terutama yang bertujuan untuk menjaga dan memelihara bagian intim ini agar senantiasa bersih.

Perawatan Sehari-hari
Bagi wanita moderen yang sangat peduli dengan kebersihan, tentunya tidak akan pernah menyepelekan perawatan organ intim ini. Yang saat ini banyak dilakukan sebagai perawatan harian diantaranya dengan menggunakan sabun pembersih khusus wanita. Pada umumnya wanita lebih percaya dengan memilih sabun pembersih yang mengandung daun sirih.

dr Hendrawati SpKK (Jakarta) mengatakan pada dasarnya usaha menjaga kebersihan organ intim dengan menggunakan pembersih sabun sirih ini cukup baik dilakukan,
karena daun sirih mengandung bahan antiseptik.
Karena sifatnya hanya berupa sabun pembersih yang bekerja dari luar, sabun sirih inipun juga berguna hanya menjaga kebersihan seputar bagian luar organ intim saja. Selain menggunakan sabun sirih pada umumnya wanita juga terbiasa menggunakan pembalut tipis (pantyliners) yang dapat digunakan setiap hari. Penggunaan pantyliners menurut dr Hendrawati, cukup efektif sebagai salah sau upaya untuk menjaga kebersihan organ intim setiap hari.
Namun ada beberapa hal yang tetap harus diperhatikan wanita setiap kali
akan menggunakan pembalut tipis ini. "Penggunaan pantyliners bagus juga sebagai salah satu upaya menjaga kebersihan ogan intim namun pemakaianya bersifat individual, karena ada beberapa orang yang mungkin tidak cocok menggunakannya dan berkemungkinan dapat menyebabkan alergi," ujar Hendrawati.
Pembalut yang mengandung unsur pewangi, pada umumnya menyebabkan alergi pada kulit di sekitar organ intim, diantaranya rasa gatal. Untuk itu ia menyarankan untuk memilih pembalut yang tepat dan aman. "Memang belum tentu semua penyebab alergi tersebut dari parfum yang ada pada pembalut tersebut, namun kadang-kadang ada beberapa orang yang memang alergi terhadap zat pewangi tersebut, untuk itu penting sekali untuk memilih pembalut yang tepat dan aman dan sebaiknya menghindari yang mengandung parfum," papar dokter yang sehari-hari berpraktik di RS Otorita Batam ini.
Selanjutnya untuk perawatan sehari-hari ia menyarankan untuk selalu menjaga kebersihan organ intim. Salah satunya dengan membersihkan secara maksimal bagian intimasi ini hingga benar-benar bersih. "Perlu diperhatikan cara membersihkannya yang benar, misalnya ketika cebok jangan sampai salah arahnya yang benar dari depan menuju
bagian anus jangan sampai terbalik karena akan memungkinkan kuman-kuman yang
ada terbawa lagi ke depan, dan setelah dibersihkan dilap hingga kering," terang
Hendrawati.
Usaha perawatan lainnya, dalam memilih pakaian dalam dianjurkan memilih pakaian yang dapat menyerap keringat, guna menghindari kelembaban yang memungkinkan timbulnya jamur dan lainnya.

Perawatan khusus
Selain melakukan perawatan sehari-hari ada kalanya bagian ini memerlukan
perawatan khusus. Ratus merupakan salah satu cara tradisional yang sudah dikenal sejak
lama. Di beberapa salon kecantikan ratus biasanya menjadi salah satu perawatan yang cukup diminati kaum wanita., yang dipercaya sebagai salah satu upaya menjaga kebersihan organ intim wanita ini.
"Prosesi ratus dengan menggunakan penguapan beberapa menit di bagian
organ intim wanita, dengan uap yang keluar tersebut akan membantu membunuh
kuman-kuman penyebab masalah yang biasanya timbul seperti jamur," ujar Unik
pemilik salon Ebony (Jakarta).

Seperti halnya sabun sirih, ratus juga bekerja dari luar saja. Perawatan ini tidak boleh dilakukan terlalu sering karena akan menyebabkan kekeringan dibagian organ intim. Pada umumnya perawatan ini sering dilakukan wanita yang akan menjadi calon pengantin. "Namun untuk perawatan rutin dapat dilakukan setiap dua kali sebulan,
sebagai pelengkap perawatan tubuh lain seperti spa," ujar unik lagi. Selain ratus, spa vagina merupakan salah satu perawatan organ intim terbaru saat ini. Pada dasarnya perawatan ini bukanlah perawatan baru, karea sudah dlakukan sejak lama seiirng dengan beredarnya perawatan tubuh lewat spa (solus per aqua).
Rita, salah satu beauty therapist dari Grand Beauty and Day Reflexiologi memaparkan salah satu bentuk perawatan spa Vagina ini dapat dilakukan dengan bantuan bubble spa.
"Bubble spa dikenal memiliki banyak manfaat, getaran magnetik yang keluar dari bath up ini akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh termasuk bagi wanita yang ingin melakukan perawatan khusus vagina," ungkap Rita.
Dengan posisi duduk yang difokuskan pada bagian vagina, getaran magnetik akan bekerja memijat bagian organ intim ini selama beberapa saat. "Manfaatnya tidak hanya memjat otot bagian sekitar vagina namun juga memberikan relaksasi pikiran, karena pada dasarnya seluruh organ tubuh memiliki keterkaitan antara satu dan lainnya," jelas Rita. Hasil yang lebih maksimal setelah perawatan, disertai dengan minum jamu khusus sebagai perawatan dari dalam.

Body treatment adalah hal yang sangat penting bagi semua orang khususnya pada setiap wanita, untuk menjaga elastisitas kulit dalam kesehariannya. untuk itu sebagai wanita hendaklah menjaga kulit dengan melakukan perawatn rutin 2x seminggu dengan scrub, lulur maupun v-spa. Karena aktivitas yang banyak membuat kulit kita mengering dan bersisik untuk itu rajinlah dalam merawat kulit tubuh kita sendiri, agar terhindar dari kulit bersisik dan kering pergunakan lulur yang memilki kelembabban pada tubuh : seperti : lulur strawbery,Greeen tea dan avocado.
Untuk itu kepada seluruh wanita indonesia,sayangilah kulitmu agar tampil cerah dan selalu bersinar. Kecantikan wanita dan cara memanjakan diri. Wanita adalah sebuah karya terindah Tuhan yg penuh dengan pesona sepanjang waktu. Kecantikan seorang wanita terpancar bukan dari parasnya yang ayu namun juga inner beauty yang terdapat di dalamnya , namun tidak dipungkiri pertama kali mata memandang sebelum melihat inner beauty akan tertuju akan tertuju pada penampilan dan juga kecantikan tubuh….ada banyak cara maupun produk yang tersedia bagi para wanita yang ingin merawat serta mempercantik tubuh, mulai dari perawatan alami dan tradisional sampai operasi plastik…. Begitu nayak pilihan yg ada dan begitu juga dengan resiko yang terjadi, semakin maju tehnologi kecantikan serta produk yg digunakan maka efek sampingnya juga akan semakin mematikan….karena itu berhati-hatilah untuk memilih produk maupun alat kecantikan yg ada (Ramuan dari wawancara, makalah, survey dan data dari internet)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seniman Tegal Dapat Penghargaan

AKSI REBOISASI MAHASISWA TURUT HIJAUKAN SESAOT

Kampung Emping Bumiayu