Kisah Muhafidzah Pontren Modern Zam-Zam Muhammadiyah Cilongok (bagian 1)


SEMBILAN PULUH PROSEN LEBIH ADINDA NURROYAN MENGHAFAL AL QUR’AN DI PONTREN

 

Adinda (berkerudung hitam)

“Supaya saya bisa amanah menjaga hafalan ini, dan semoga bisa menjadi contoh yang baik buat teman-teman. Pesan kepada adik dan kakak kelas para pejuang 30, smart selalu. Semoga Alloh memudahkan. Jangan mudah berputus asa untuk mencapai cita-cita. Jangan mau kalah dengan rasa malas.  ‘Fa idza faraghta fansab : Maka apabila kamu selesai melakukan pekerjaan. Tetaplah bekerja keras untuk pekerjaan yang lain.’ Karena hakekat dunia ini untuk tempat bekerja keras. Sedangkan syurga adalah tempat kembali sekaligus peristarahatan terbaik untuk kita semua. Aamiin.”

 

Demikian pesan langsung dari muhafidzah Adinda Nurroyan usai menyelesaikan Tasmi’ Khatam Hafalan Al qur’an 30 juz, di hadapan teman, adik dan kakak kelas, kedua orang tua serta Direktur dan jajaran Pimpinan Pondok Pesantren (Pontren) Modern Zam-Zam Muhammadiyah, pada Senin malam (5/12/2022) di aula Kampus 2. 

Keberhasilan Adinda dalam menghafal Al qur’an 30 Juz, ternyata sembilan puluh prosen lebih dilakukan di pesantren plus selama belajar di rumah di masa pandemi Covid 19.  Hal itu dibuktikan dari rincian jumlah setoran hafalan yang disampaikan langsung oleh santri kelas XI KMI 2 putri pasangan suami-istri dari Bapak Jamhari dan Ibu Nur Halimah asal Singasari, Karanglewas, Banyumas.

Sebelum menjadi santri kelas VII SMP MBS Zam-Zam, Adinda mengaku baru mempunyai hafalan 19 surat pendek dan 30 ayat dari surat An Naba, yang notabene berjumlah 40 ayat. Setelah duduk di kelas VII, Adinda berhasil hafal 3 juz yaitu Juz 30, 29 dan 1. Usaha keras yang tidak kenal surut dalam usaha menghafal Al Qur’an, sehingga ketika duduk di kelas VIII ia berhasil menambah hafalan sebanyak  7 juz yang meliputi juz 4,5,6,7,8, 2 dan 3. Begitu kuatnya usaha santri yang juga pandai menulis puisi ini, saat di kelas IX bertambah lagi setoran hafalannya sebanyak 6 juz, yang terdiri dari juz 9,10,11,12,13 dan 14. Alhamdulillah selama tiga tahun di SMP MBS Zam-Zam –Pontren Modern Zam-Zam Muhammadiyah Cilongok ini, Adinda berhasil menghafalkan sebanyak 16 juz.

Sebagaimana tuntunan Allah dalam ayat yang dibacakan Adinda, yakni surat Al Insyirah ayat 7, santri yang telah menemukan kiat-kiat menghafal Al qur’an secara tetap dan tahu bagaimana caranya mengatasi rasa malas yang ada dalam dirinya ini, akhirnya dibuktikan ketika selesai SMP MBS Zam-Zam meneruskan program SMA MBS dengan tetap istiqomah untuk mewujudkan sebagai muhafidzah.  

Dibuktikan ketika duduk di kelas X ia muroja’ah 9 juz terdiri dari juz 2 dan 10. Kemudian Ziyadah 2 juz terdiri dari juz 15 dan 16. Begitu duduk di kelas XI semester I, Adinda membuktikan kebulatan semangat dan kedisiplinan diri sehingga ia berhasil menghafal 12 juz  yaitu juz 17, 18, 19, 20, 21, 22, 23, 24, 25, 26, 27 dan 28. Barakallah, akhirnya di semester gasal kelas XI santriwati yang satu ini berhasil khatam Al Qur’an 30 juz. Lantas bagaimanakah kiat-kiat Adinda dalam menghafal Al Qur’an selama di Pontren Modern Zam-Zam? Tunggu tulisan berikutnya ... (h)  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seniman Tegal Dapat Penghargaan

AKSI REBOISASI MAHASISWA TURUT HIJAUKAN SESAOT

Kampung Emping Bumiayu